default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

HULTAH NWDI kembali Digelar, Jamaah NWDI Sebut Rindu akan Terobati

HULTAH NWDI kembali Digelar, Jamaah NWDI Sebut Rindu akan Terobati
Ke-NW-an
Sumber : FB. Muhammad Fahrurrozi
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

NWDI Online. Com - Lombok Tengah, Akan Digelarnya kembali Hultah NWDI setelah dua tahun terkendala karena Pandemi Covid 19 disambut antusias semua warga NWDI.

Sebagaimana diketahui bahwa tahun ini Hultah NWDI akan kembali dilaksanakan tepatnya pada tanggal 18 September 2022 yang akan datang.

Semenjak berita pelaksanaan Hultah NWDI ke-87 tahun ini dipublish NWDI Online pada Selasa pagi (2/8/2022),  hingga berita ini diturunkan Rabu pagi (3/8/2022), berita ini sudah dishare sebanyak 290 kali dan dikomentari cukup banyak warga atau jamaah NWDI.

Semua komen-komen tersebut berisi tentang kesyukuran, kerinduan dan antusiasme jamaah terhadap pelaksanaan Hultah NWDI kembali.

Berikut kami pilihkan beberapa komen jamaah yang kami ambil langsung dari kolom komentar web NWDI Online.

"Alhamdulillah Hultah yg sangat kami nanti-nantikan dan sangat kami rindukan" Ucap Akun Facebook bernama Bunda Lks Abdi.

"Alhamdulillah banyak warga NWDI yang sangat kangen dengan acara tahunan ini" komen facebook Noval.

"Alhamdulillah, Semoga Alloh SWT sellau melindungi kita semua dan sukses pada acara hultah NWDI yang telah lama kita rindukan" tulis akun facebook bernama Sanghira.

"Waooo gak sabaran, Pingin hultah, Kangen selama 2 tahun tidak ada" tulis akun facebook lainnya atas nama Ririnrazka Adyku.

"Alhamdulillah setelah lama tidak terlaksana , Ahirnya kita berhultah kembali NWDI Fastabiqul khairat" tulis facebook Eli Inak Ayyid.

Selain iru tak lupa juga para jamaah menyampaikan do'a agar pelaksanaan Hultah NWDI lancar sampai hari H.

"Semoga hultah NWDI yg ke 87 dipancor berjalan dengan lancar dan sukses Amin ya rabbalalamin" komen Facebook bernama Sallimna ala.

"Alhamdulillah semoga sukses" ucap Facebook Nurul Wathoni. 

Untuk diketahui, Kiprah Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) dalam membangun negeri menjadi catatan sejarah perjuangan masyarakat Sasak. NWDI lahir di tengah “gulitanya” masyarakat Sasak di bawah penjajahan kolonial Belanda tahun 1935 Masehi.

Jasa-jasa NWDI telah melahirkan banyak tokoh, baik tokoh agama, masyarakat, dan juga tokoh bangsa yang diakui.

Selain melahirkan tokoh, eksis NWDI yang saat ini menjadi organisasi keagamaan yang dipimpin Tuan Guru Bajang telah mendapat tempat dan menyebar sampai pelosok Nusantara. Bahkan beberapa negara terdapat perwakilan pengurus.

Hultah NWDI ini merupakan tradisi yang diwariskan pendirinya, yakni Maulanasyeikh TGKH M Zainuddin Abdul Madjid yang berlangsung setiap tahun. 

NWDI adalah kepanjangan dari Nahdlatul Wathan Diniyyah Islamiyyah, dan memiliki makna secara etimologis; “Kebangkitan/Pergerakan Tanah Air/Bangsa dan Negara”.

Nama NWDI tersebut sebagai sebuah nama madrasah legendaris yang lahir di Desa Pancor Lombok Timur yang didirikan pada tahun 1936 M. Nama tersebut disematkan dan didirikan langsung oleh Pahlawan Nasional asal Lombok, Maulana Syaikh TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid.

Penamaan madrasah dengan NWDI tersebut tentu sangat merefleksikan suasana psikoligis dan kondisi sosial pada saat itu, terutama yang berkaitan dengan jargon-jargon jihad untuk menggelorakan semangat petriotisme dalam melakukan perlawanan terhadap penetrasi kolonialisme Belanda dan Jepang. Selain itu, nama tersebut untuk memberikan semangat juang mencerdaskan masyarakat yang terpuruk dan terbelakang dalam berbagai aspek kehidupan dan termasuk pendidikan di Lombok NTB. (red/San).


  • Tags
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar