default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

MA NHK NWDI Kadindi Dompu, Meriahkan Hari Batik Nasional 2021 Dengan Fashion Show Muslimah

MA NHK NWDI Kadindi Dompu, Meriahkan Hari Batik Nasional 2021 Dengan Fashion Show Muslimah
Seni & Budaya
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

NWDI Online. Com - Kadindi, Santri Madrasah Aliyah Nurul Hikmah (MA NHK) NWDI Kadindi, Kabupaten Dompu memperingati Hari Batik Nasional dengan menggelar Fashion Show Batik Muslimah. Acara tersebut disambut antusiasme seluruh santri yang terlibat dalam acara. 

Ratna Dwi Ambarwati selaku guru seni MA NHK mengatakan bahwa batik yang ditampilkan dalam acara tersebut didominasi oleh Motif Sogan. 

“Motif sogan memiliki keunikan dan keindahan sendiri, karena merupakan motif tradisi yang digunakan di lingkungan keraton, serta telah dikembangkan oleh leluhur dan diwariskan secara turun-temurun”, tandasnya.

Moh. Thosim, S.Pd, Kepala Madrasah MA NHK menambahkan, "Batik adalah identitas bangsa. Ke manapun kita bepergian, seperti ke mancanegara, orang akan dengan mudah mengenali dari mana kita berasal. Apalagi saat ini Batik telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya nonbendawi."

Acara ini digelar bertujuan agar para santri lebih mengenal dan mencintai batik Indonesia, terutama ditengah gempuran industri kain bermotif batik. Padahal menurutnya batik dan kain industri bermotif batik itu sangat berbeda. Jadi, batik itu unik dan sudah mendunia. Untuk itu, batik sebagai warisan budaya harus terus dilestarikan.

Pagelaran acara ini diharapkan mampu memantik kesadaran para santri untuk mencintai dan melestarikan batik sejak dini. Untuk itu, MA NHK merasa perlu memperingati Hari Batik Nasional 2021. Apalagi, kegiatan ini baru pertama kali digelar di sekolah bahkan di Kabupaten Dompu. 

Menurut Thosim, peserta yang terlibat dalam pagelaran tersebut berasal dari beberapa sekolah di Kabupaten Dompu. 

"Saya berharap, para santri semakin mencintai batik dan mau melestarikannya, lebih-lebih mampu mengembangkannya karena batik warisan dari leluhur kita, sehingga warisan budaya ini tidak lagi diklaim oleh bangsa lain," tuturnya.

Eka Sumarni, santri MA NHK, mengaku bangga bisa mengenakan batik dan tampil dalam acara kali ini. 

"Saya merasa bangga dan senang sekali diadakannya Hari Batik Nasional ini, karena bisa menumbuhkan rasa kecintaan terhadap batik yang ada di Indonesia," ungkapnya. Para peserta yang tampil dalam acara fashion show tersebut mendapat tepuk tangan meriah dari para penonton yang hadir. (red/Abituren Kadindi).


  • Tags
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar