default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

NWDI Loteng Tangkap Pesan TGB Dengan SIDARA

NWDI Loteng Tangkap Pesan TGB Dengan SIDARA
Advetorial
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

NWDI Online. Com - Saat ini teknologi sudah berkembang pesat dan mau tidak mau masyarakat harus beradaptasi dengan perkembangan zaman. Teknologi informasi dan komunikasi selalu mengalami perubahan dan pembaharuan yang seakan tidak ada ujungnya.

Dalam kegiatan kita sehari-hari pun tanpa kita sadari ditunjang oleh kecanggihan teknologi. Mulai dari hal kecil sampai besar, kita sebenarnya sangat bergantung pada teknonologi. Bahkan saat ini sudah banyak benda-benda baik benda kebutuhan rumah tangga, kebutuhan sekolah, pekerjaan, yang semuanya serba digital dan berteknologi nir kabel. 

Sehingga, penggunaan teknologi di bidang semua bidang sudah semakin tak terelakkan. Era globalisasi yang menuntut kecepatan dan pembaruan digital mendorong manusia untuk memanfaatkan teknologi terbaru untuk menunjang aktivitas mereka. Hal ini bertujuan untuk mengefektifkan waktu, biaya dan tenaga hingga meningkatkan daya saing.

Pemaparan diatas sesuai dengan apa yang dipesankan TGB kepada warga NWDI, khususnya anjum muda dalam perayaan Hultah Madrasah NWDI yang dilaksanakan secara daring dan luring dan disiarkan langsung dari Mushalla Al Baror, Pancor pada Ahad 29 Agustus kemarin.

“Bukan sekedar hanya memakai dan menggunakan kecanggihan teknologi yang ada saat ini, namun anak-anakku juga harus mampu menghasilkan karya. Kita ambil contoh seperti zoom ini, bukan orang Islam yang membuat, namun ini memang menjadi kebutuhan kita saat ini. Untuk itulah kita harus mampu menghasilkan karya dari diri kita masing-masing, agar bermanfaat bagi umat lainnya,” jelas TGB.

Disamping itu, pemerintah juga selalu dan terus mendorong kita untuk memanfaatkan teknologi yang diaplikasikan di segala lini, khususnya di sektor digital. Hal ini juga berhubungan dengan cepatnya digitalisasi yang terjadi sejak Covid-19 mewabah di seluruh penjuru dunia dan memaksa orang-orang menggunakan layanan virtual untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Oleh karena itu, Pengurus Daerah Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (PD NWDI) Kabupaten Lombok Tengah, sudah menangkap pesan dari Ketua Dewan Tanfiziyah PB NWDI tersebut dengan membuat sebuah aplikasi pendataan madrasah berbasis online yang diberi nama Sistem Informasi Data Madrasah atau SIDARA NWDI dan saat sedang melakukan pendataan madrasah yang berafiliasi ke Ormas NWDI. Nantinya, sistem  akan memberikan sejumlah kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan data maupun informasi terbaru sehubungan aktivitas madrasah.

Dalam SIDARA NWDI Online, teknologi informasi dikembangkan dengan menggunakan sejumlah data seputar Madrasah yang ada di Lombok Tengah, yang nantinya akan dilengkapi dengan GIS (Geographic Information System) atau Sistem Informasi Geografis, yaitu informasi sistem komputerisasi yang memungkinkan seseorang untuk lebih cepat mengetahui letak geografis ataupun posisi sesuatu (dalam hal ini tentunya madrasah yang dimaksud:red).

"SIDARA ini diharapkan mampu memantau perkembangan sekaligus membina Madrasah baik Dapodik maupun Emisnya," ungkap Abdul Karim, Direktur SIDARA saat Launching beberapa waktu yang lalu.

Karenanya, mari kita membuka dimensi fikir kita untuk berdamai dengan teknologi, sebab hidup di era teknologi yang begitu cepat memberikan dampak positif. 

Meski, stereotip yang muncul dari budaya lalu belum dapat dihilangkan, namun kita memiliki kewajiban untuk "melek teknologi". Hal itu tentu berguna untuk memudahkan kehidupan dan aktivitas kita.

Dengan teknologi, kita dapat menyampaikan gagasan dan ide lebih cepat. Sebaliknya, orang yang “gagap teknologi” (kata populer yang ditujukan untuk orang-orang yang belum familiar dengan dunia internet:red) akan dirugikan. Wallohu A'lam (Redaksi).


  • Tags
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar