default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Peduli Hutan, Mahasiswa Universitas Hamzanwadi Lakukan Penghijauan

Peduli Hutan, Mahasiswa Universitas Hamzanwadi Lakukan Penghijauan
Sekitar Kita
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

NWDI Online. Com - Lombok Timur, Mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Hamzanwadi (UNHAM) melakukan penanaman ribuan bibit pohon di Desa Aikmel Utara Kecamatan Aikmel Lombok Timur Provinsi NTB.


Wakil Rektor I Universitas Hamzanwadi Dr. H Khirjan Nahdi mengatakan, penanaman bibit pohon ini sebagai upaya menggiatkan kembali semangat penghijauan dan penyelamatan sumber mata air yang terus mengalami penyusutan.


"Kegiatan penanaman bibit pohon ini sebagai ikhtiar konservasi sumber mata air di Desa Aikmel Utara yang selama ini telah banyak menyimpan sumber mata air yang dimanfaatkan masyarakat," papar Khirjan Nahdi, Sabtu (03/07/2021).


Kegiatan ini, selain wujud kepedulian terhadap lingkungan alam, juga sebagai wujud tri dharma perguruan tinggi yakni pengabidan kepada masyarakat dengan melibatkan mahasiswa dan civitas akademika serta pemerintah.


"Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama Univeristas Hamzanwadi dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi NTB dan Pemerintah Desa Aikmel Utara," papar Khirjan.


Disebutkan, jenis pohon ynag ditanam berupa pohon pelindung hutan dan beberapa jenis buah-buahan yang ditanam di sekitar bantaran sungai dan sumber mata air. Diharapkan dengan penanaman ini akan memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat.


"Jumlah bibit yang ditanam sebanyak 1000 pohon. Dan kegiatan ini dikoordinir langsung mahasiswa KKN Bina Desa Terpadu 2021. Program ini bagian dari ikhtiar perguruan tinggi bersinergi dengan pemerintah provinsi untuk NTB Gemilang," paparnya.


Selain mahasiswa, sejumlah pihak pejabat dan dosen UNHAM tampak hadir mengikuti penanaman bibit pohon. Sementara dari pihak desa, hadir juga aparatur desa dan tokoh masyarakat serta pemuda. Hadir pula sejumlah relawan pemuda peduli lingkungan dan pewakilan organisasi pecinta alam. 


"Diharapkan kegiatan ini memberi manfaat dan kemaslahatan. Kami juga berharap semua masyarakat menjadi yang terdepan dalam menjaga dan melestarikan lingkungan demi generasi mendatangan," pungkasnya. (Redaksi).


  • Tags
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar