default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Pertahankan Tradisi Maulanasyaikh, Masyarakat Bual Kolaborasikan Pengurus Masjid dan Ponpes

Pertahankan Tradisi Maulanasyaikh, Masyarakat Bual Kolaborasikan Pengurus Masjid dan Ponpes
Keislaman
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

NWDI Online. Com - Rasulullah SAW merupakan teladan terbaik, uswah hasanah, dalam menjadikan masjid sebagai sentral pembangunan peradaban Islam.

Maulanasyaikh TGKH. Zainuddin Abdul Majid sang Pahlawan Nasional pun memulai perjuangannya dari musolla Al Mujahidin dan lebih banyak menempa santrinya di musolla Al Abror Pancor, yang kini masuk menjadi komplek Taman Makam Pahlawan Naaional.

Tradisi menghidupkan masjid dan musolla peninggalan Maulanasyaikh tersebut yang terus dipertahankan oleh Nahdliyyin dan maayarakat desa Aik Bual Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah.

"Tiap minggu Para Santri, Pemuda, Remaja dan Masyarakat Melestarikan Warisan Maulana Syeikh TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid Melalui Kegiatan  Pembacaan Hizib Nahdlatul Wathan, Barzanji dan yang lainnya," ungkap Hairul Anam yang menjabat Divisi Syiar dan Dakwah Masjid Nurul Yaqin Bual saat dihubungi via WA, Jum'at (01/10/2021).

Dikatakannya, malam Jumat Berhizib dan bersholawat merupakan malam yang sudah memiliki makna tersendiri bagi kalangan para santri siswa/i MTs Nurul Yaqin dan SMK Pariwisata NWDI Aik Bual.

"Di Masjid Jami' Nurul Yaqin Bual sudah berjalan bertahun-tahun memulazamahkan hizib dan solawat," imbuhnya.

Dijelaskannya, kolaborasi program dari pengurus masjid dan pengurus pondok pesantren selalu di gabungkan menjadi satu untuk memakmurkan Madrasah, Sekolah dan Masjid.

Adapun kegiatan Ta'mir Masjid Jami' Nurul Yaqin Bual yang sudah berjalan baik dan terjadwal  selama ini oleh pengurus masjid dan pengurus pondok pesantren, diantaranya :

1. Kegiatan Sholat jamaah setiap waktu

2. Pembacaan hizib Nahdlatul Wathan dan Albarzanji  malam Senin dan Jum'at

3. Kajian dan muzakrah keislaman setiap malam Rabu.

"Sore ba'da sholat Asar dari hari Senin sampai Sabtu  diisi dengan kegiatan Diniyah para santri MTs dan SMK," jelasnya.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan yang di susun semata mata untuk memakmurkan syia'ar masjid dan para santri.

Untuk diketahui, Masjid Jami' Nurul Yaqin Bual memiliki fasilitas yang cukup dan memiliki ukuran yang sangat luas dengan ukuran 27 Meter persegi dan cukup refresentatif untuk menunjang kegiatan-kegiatan sosial keagamaan dan kemasyarakatan, serta pendidikan.

"Meskipun saat sekarang ini kami akui masih banyak fasilitas pendukung yang belum kami penuhi di masjid namun bukan sebagai faktor penghambat dalam kelansungan kegiatan di masjid," tandas Hairul Anam yang juga Kepala SMK NWDI Aik Bual tersebut. (red).


  • Tags
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar